[Review Anime] Danganronpa 3 : The End of Kibougamine Gakuen - Mirai Hen

Basa-basi sedikit

Setelah tahun lalu kecanduan berat sama Danganronpa 1 (DR : the Animation) saya cari-cari info, ternyata Anime ini adaptasi dari game. Langsung saya download dan mainkan. Cerita animenya sih hampir sama kayak Gamenya, Cuma di game ada info-info tentang karakter yang gak dijelaskan di Anime.
Belum puas nonton + main Danganronpa 1, main lagi danganronpa 2. 

Dan.... musim ini ada danganronpa season 3 yay..!! telat sih review nya, posting ini ditulis sudah sampai episode 8 T.T
Danganronpa ini menjadi salah satu Anime (juga game) dengan genre mystery favorit saya.

Langsung saja gak usah banyak bacod....



Alternative Titles
English : Danganronpa 3: The End of Hope’s Peak High School – Future Arc
Synonyms : Danganronpa 3: The End of Hope’s Peak Academy -Future Volume
Episodes : 12
Premiered : Summer 2016
Genres : Action, Horor, Mystery, Psichological

Synopsis
Dunia mendekati kahancuran yang disebabkan oleh Keputusasaan. Disisi lain untuk menyelamatkan dunia maka dibentuklah Organisasi Masa Depan (Future Foundation).
Ketika future Foundation melanjutkan pemulihan dunia, Makoto Naegi dituduh sebagai penghianat karena menyelamatkan sisa keputusasaan. Future Foundation bersama-sama menentukan hukuman apa yang pantas untuk Naegi, tetapi mereka malah diserang dan terjebak didalam gedung oleh Monukuma yang memutuskan bahwa mereka harus melakukan “Pembunuhan Terakhir”. 
Monokuma mengatakan bahwa diantara anggota masa depan terdapat penghianat yang sebenarnya. Didalam permainan monokuma ini tidak ada Class Trial, untuk menemukan sang penghianat hanya dengan menemukannya dan membunuhnya.
Sekali lagi, Naegi masuk kedalam permainan kematian, dimana harus membunuh atau dibunuh. Cerita dimana Keputusasaan bersembunyi didalam harapan untuk membunuh harapan dimulai.

Dari kiri-kanan : Asahina, Naegi, Kirigiri

Review
Berbeda dari Danganronpa 1 dan 2, seri yang ke 3 ini tidak bertempat di sekolah, tetapi didalam gedung atau bisa disebut markas Future Foundation. Season 3 ini juga tidak terdapat “Class Trial” untuk menentukan siapa pelaku dari pembunuhan. Sebagai gantinya mereka dipasang gelang yang tertulis tindakan larangan, dimana jika pemakai melakukan tindakan tersebut maka gelang akan menyuntikkan racun yang bisa membuat mati seketika.


 Dalam season 3 ini dibuat menjadi 2 Anime, Future arc dan Despair arc. Future arc menceritakan naegi dan kawan-kawan dimasa sekarang yang sedang melakukan death game terakhir. Sementara Despair arc menceritakan para siswa-siswi kelas 77 (kakak kelas naegi) sebelum jatuh kedalam keputusasaan (ini bukan spoiler ya) atau bisa disebut awal cerita dari Danganronpa timeline. Keduanya sama-sama memiliki 12 episode.


Sisa keputusasaan alias mantan kelas 77 (seniornya naegi)

Perbedaan masih ada lagi antara DR3 dengan DR1 & 2, jika sebelumnya jarang atau tidak ditemui adegan perkelahian antar karakter (kecuali saat eksekusi), disini mereka terang-terangan melakukan aksi untuk membunuh naegi atau konflik sesama anggota masa depan, khususnya Sakakura dan Munakata

Main bacok aja lo, temen woi

Apa yang menjadi ciri khas Danganronpa dengan anime lain..? tidak lain adalah warna darah, dalam danganronpa darah berwarna pink, mungkin karena bertempat disekolah ya, jadi kesannya terlalu sadis melakukan pembunuhan didalam lingkungan sekolah dan berceceran darah dimana-mana.
Kalau warna darahnya pink kan jadi tidak terlalu sadis, tapi tetp aja ngeri melihat teman satu kelas yang dulunya saling bercanda saling bunuh membunuh.
Tapi.... DR 3 ini darahnya warna merah bruhh.... seperti yang saya tulis diatas, tempatnya bukan lagi disekolah melainkan di markas organisasi masa depan.

Saya ambil gambar yang darahnya dikit biar gak spoiler

Like as usual, yang saya suka dari DR series desain karakter-karakternya keren-keren dan badassss dari DR1, 2, 3 maupun karakter-karakter dari side story (Another episode, DR 0, DR gaiden) khususnya Kyouko Kirigiri  yang terlihat lebih dewasa  >_< 
Yang aku gak suka dari Danganropa itu plot twist nya, entah itu karakter baik, moe, jahat pasti ada yang mati T.T saya sih cuma berharap disini kirigiri bisa bertahan hidup udah seneng :”)  (naegi mati juga gak papa) #goblok lo

Oh iya, bagi kalian yang bingung sama cerita Danganronpa, mungkin saya bisa sedikit memberi urutan ceritanya, kurang lebih sebagai berikut :

1. Danganronpa 3 – Despair arc (Anime)
2. Danganronpa  Zero (novel)
3. Danganronpa Trigger Happy Havoc (Game) / Danganronpa – Animation (Anime)
4. Danganronpa Ultra Despair Girl (Novel)
5. Super Danganronpa 2 : goodbye despair
6. Danganronpa Gaiden : Killer killer (manga spin off)
7. Danganronpa 3 – future arc (Anime)

Apalagi ya,,,,, untuk opening dinyanyikan oleh mbak Maon Kurosaki feat TRUSTRICK dengan judul “Dead or Lie” ,, *tarik napas, kece binggooooo .... (playing over 5 hours internally), musik nya energic seperti ciri khasnya lagu-lagu Maon Kurosaki.
Dalam opening  juga terdapat scene-scene aneh yang terlihat seperti spoiler yang menunjukan kematian-kematian para karakter. Tapi tenang aja itu gak bener kok Cuma dibuat gitu, tapi keren sih.



Kesimpulan
Yosh... seperti biasanya, anime ini saya rekomendasikan bagi kalian yang suka genre mystery dimana pelakunya didepan mata tetapi kalian tidak melihatnya (when you see it, you can’t see it).
Ceritanya ringan bahasanya gak terlalu terbelit-belit, muter-muter kayak novel klasik.
Alurnya ceritanya jelas, Cuma kalian yang belum main gamenya mungkin akan sedikit kebingunan kayak “ini siapa sih” “loh kok bisa gitu” “ini kenapa dia bisa ada disini”. Tapi tenang aja untuk mengganti main game kalian bisa nonton DR3-despair arc, disana ceritanya nyambung sama future arc dari episode ke episode.

*TRIGGERED


Okay.. sekian dulu review nya, abaikan kata-kata saya yang ngaco dan kurang jelas.
See you next time, Harata signing off.. 




0 komentar:

Posting Komentar

[Review Anime] Danganronpa 3 : The End of Kibougamine Gakuen - Mirai Hen